Kuliah Perdana Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah

Pada Kuliah perdana (Senin,25 Februari 2008) MK Pemanfaatan dan Pengolahan Limbah memiliki tujuan umum maupun tujuan instruksional khusus yaitu bersama-sama berpartisipasi untuk menjadi mahasiswa/i yang kritis dengan memahami konsep dasar ilmu lingkungan, pengelolaan lingkungan, macam-macam limbah yang merusak lingkungan, dan pengolahan dan pemanfaatan limbah untuk mempertahankan daya dukung lingkungan.

Sementara itu, pada perkuliahan pertama ini diharapkan mahasiswa mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mendasar seputar limbah, yaitu antara lain:

Apa itu Limbah?

Kenapa dikatakan Limbah/Sampah?

Dari mana Limbah berasal?(Siapa saja yang menghasilkan limbah?)

Mengapa ada Limbah?

Bisakah dihilangkan?

Berapa banyak limbah sekarang?

Di mana banyak ditemui limbah?

Apa akibat limbah?

Limbah jenis apa yang berbahaya?

Untuk apa limbah diolah?

Bagaimana limbah diolah?

Apa limbah py nilai/manfaat?

Seberapa penting mengolah dan memanfaatkan limbah?

Sampai kapan kita istirahat memikirkan limbah?

Mengapa perlu adanya kuliah limbah di Metalurgi?

Apa tujuan mempelajari limbah?, serta

Berapa rata-rata jumlah dari limbah yang Anda buang? (harian, bulanan, tahunan)

Kemampuan mahasiswa menjawab beberapa pertanyaan di atas, akan menjadi inisiasi awal dari pemahaman yang mendalam (“deep learning”) tentang konsep limbah. Untuk itu, mahasiswa sangat diharapkan membuat semacam tulisan singkat menjawab beberapa pertanyaan di atas!

Adapun bahan kuliah yang ditampilkan pada hari senin, 25 febuari 2008 dapat diklik lengkap di sini –> Kuliah ke-1

Muhammad Fitrullah (MK Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah)

13 Komentar

  1. Teguh Ronald S said,

    24 Maret 2008 pada 7:17 pm

    Asslm…
    Wah enak neh pak,,,, kuliah ini bisa full diskusi
    bisa membuat orang bahagia

  2. amal fauzi said,

    24 Maret 2008 pada 7:26 pm

    bonjour!!!!!!

    wah pa ternyata mata kuliah pengolahan limbah itu keren ya pak!!!!!!

    oia pak bagaimana klo kita coba teliti limbah2 dari industri yang ada dicilegon ini pak!!!! kan sekalian kita belajar tuh pak ……… keren banget tuh usulannya

    apalagi orang yang ngasih comment ini pak!!!!!!!!!!!!!!!

  3. ANDHI ARIF MAHARDIKA said,

    26 Maret 2008 pada 1:18 pm

    Ass wr wb

    Pak,untuk setiap bahan mata kuliah yang Bapak ajar selalu Bapak masukkan ke blog,kalau menurut pribadi saya sangat bagus bagi mahasiswa,karena membuat mahasiswa semakin mandiri jangan terus menerus disuapin,buat apa umur bertambah,kalau saja mahasiswa terus menerus disuapin.Pak kalau bisa blog metalurgi untirta ini sampai adik-adik yang lain.

    Wass wr wb

  4. azwar anas said,

    28 Maret 2008 pada 6:42 am

    Asw.pak dari kemaren saya menunggu mata kuliah kedua hingga sampai saat ini ternyata belum update.

  5. Ari Febrianto said,

    28 Maret 2008 pada 7:26 am

    Ass wr wb

    Pak,Saya suka dengan cara mengajar Bapak kepada Mahasiswa,dengan cara memberikan tugas terlebih dahulu untuk pembahasan materi berikutnya kepada Mahasiswa agar dapat mempelajari dan memahami terlebih dahulu apa yang akan dibahas untuk materi berikutnya. Untuk materi selanjutnya kalau bisa secepatnya di upload,karena Mahasiswa sedikit kecewa.Pak,mhon ma’af berhubung e-mail saya sudah hangus masa nya,jadi saya memakai e-mail nya andi.

    Wass wr wb

  6. fitrullah said,

    28 Maret 2008 pada 7:57 am

    Sorry bgt y….lagi sibuk banyak tygas kuliah, jadi ga sempat di-upload di blog ini…h3, jangan lupa tugas untuk Ekologi Industri buat senin depan ya!!
    P’Fit

  7. Ferry Ary Wibowo said,

    29 Maret 2008 pada 2:45 pm

    makasih pa atas informasi tgsnya.

  8. daniel syailendra leonardo salman alfarisi said,

    30 Maret 2008 pada 11:11 am

    wah alhamdulillah kita sudah selangkah lebih maju ke depan. semoga e-learning bisa terwujud di kampus kita, jadi kita tidak perlu kuliah tatap muka secara langsung karena dosen juga harus banyak kegiatan keluar seperti meneliti dan kerja sama dengan pihak-pihak industri untuk kemajuan kampus,lagipula para mahasiswa juga dapat mengembangkan talentanya lebih aktif di luar sana, mungkin juga bisa bekerja sama dengan dosen juga dalam menangani suatu kasus di dunia industri. klo bisa tidak perlu diadakan kuliah, tatap muka diperlukan pada saat mahasiswa tersebut siap untuk diuji mengenai matakuliah yang diambil.klo menurut bapak gimana usulan saya?

  9. Elang Budi H said,

    31 Maret 2008 pada 12:04 am

    Ass wr wb

    Saya sangat senang dengan ada nya blog ini, apalagi dgn cara mengajar bapak dengan cara memberikan tugas terlebih dahulu untuk pembahasan materi berikutnya agar mahasiswa dapat lebih mengerti apa yang mau diajarkan nanti nya. Saya jg sangat setuju jika tugas dimasukan ke blog ini, kl bisa sekalian materi2 yang telah diajarkan dimasukan jg ke blog ini. Mudah-mudahan dosen-dosen pengajar lain bisa meniru bpk.
    Semoga Sukses selalu ya pak

    Wass wr wb

  10. fitrullah said,

    1 April 2008 pada 1:49 am

    Wah, Amal usulannya bagus…mungkin pada tugas akhir nanti akan dapat tugas mengunjungi perusahaan dan me-list limbah yang mereka hasilkan….

    Teguh, trims ya…semoga akan tetap seperti itu dan saya diberi ke-istiqomahan…

    Azwar anas, sorry…baru sekarang saya upload…smg bisa belajar kembali dari bahan2 tsb.

    Andhi Arif, terima kasih usulannya…insyaAllah mudah2an blog ini bisa untuk adik2 kalian nanti dan mohon masukannya terus ya!

    Ari F & Elang, tidak semua teman2 kamu suka dengan cara seperti itu, jadi kalau cocok buat kamu…berarti kamu mhs yang mmg mahasiswa, dan berarti kamu rajin….pertahankan ya! Oh ya, Elang Laptop saya kok ga bisa diupdate virusnya ya? ada virus yang canggih tapi gratis juga bisa diupdate ga?

    Daniel, Usulannya bagus banget….saya masih belajar bagaimana e-learning itu….saya rasa perlu memang kita membahas kasus2 tertentu terutama untuk kerja sama dgn industri2 di sekitar cilegon…jangan lupa senin tanggal 14 besok kita ketemu di lab ya…kira2 setelah kuliah numerik (jam 5an )…Oh ya, tolong dibaca e-mailnya..saya sudah reply email ente…!

    Salam,
    P’Fit

  11. daniel lagi said,

    4 April 2008 pada 10:18 am

    sdh saya balas pa. smangat ya pa smoga kuliahnya kelar tahun ini, kita mahasiswa bisa bantu apa nh? mengukir prestasi itu mmang terasa sulit sekali apabila tanpa bantuan serta dukungan dari banyak pihak.trima kasih ya atas segala nya hinga aku bisa seperti saat ini. smoga pa yg bpk doakn dikabulkan oleh Allah. dah liat film fitna? ku da filmnya nh.mo nonton g?seru tuh pa.oya bhn kuliah dh di upload ya?klo ku mnt di flash disk hr senin blh g?

  12. Elang Budi H said,

    7 April 2008 pada 9:41 am

    Masa sich Pa ga bisa di update? nanti coba saya cari update an yang tarbaru,,soalnya saya tdk pake norton jadi saya tdk punya update an nya..maaf pa baru di jawab soal nya baru di buka lg sekarang blog nya he..he..he..

  13. Daniel Syailendra Loenardo Salman Alfarisi said,

    28 Maret 2012 pada 3:01 am

    sudah lama tidak say kunjungi blok ini pak, lama juga tidak membahas tentang pengolah limbha metalurgi yah, klo da pnelitian ajak ajak ya pak,hehehe.
    Galvanizing denga drossing yg dhasilkan oleh zinc nya kira2 dapat diolah jadi apa, kita tunggu jawabannya pada episode mendatang. ditunggu ya pak fit.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: