Belajar Kelompok

Sekarang kita akan memahami betapa pentingnya belajar berkelompok, atau dalam kata lain berkolaborasi mengkonstruksi dan membangun pengetahuan dengan belajar kelompok.

Slide berikut akan menyajikan beberapa materi yaitu:

1. Mengapa Anda perlu belajar berkelompok?

2. Apa saja sih keterampilan2 yang Anda dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam belajar kelompok?

3. Bagaimana Anda menciptakan ciri kelompok yang efektif?

4. Apa saja hal2 yang membahayakan dalam belajar berkelompok?

5. Bagaimana memastikan kelompok Anda berhasil? dan

6. dan Bagaimanakah suasana yang efektif untuk keberhasilan di atas.

Nah, untuk memahami 6 poin di atas, Anda persilahkan mengklik: belajar-kelompok

Muhammad Fitrullah

6 Komentar

  1. MANAL said,

    16 April 2008 pada 10:39 am

    pak sangat bagus nih artikelnya!!!!!
    kalau bisa di presentasikan kepada kawan2 metalurgi?
    ya minimal saya di ajarkan caranya!

  2. fitrullah said,

    17 April 2008 pada 1:45 pm

    Ini adalah salah satu bahan wajib bagi mhasiswa baru UI, jadi di sini sudah dibekali tentang pentingnya belajar kelompok dan filosofi belajar…

    Nanti kalau ada waktu saya akan presentasikan pada kawan-kawan metalurgi…terutama mhs wali saya,

    Thanks ya…!

  3. harinto said,

    19 April 2008 pada 2:11 am

    ASS.
    maap Pak, saya belum punya email…jadi email di atas cuma syarat agar saya bisa isi comment di blog ini..sekali lagi maap..
    belajar kelompok memang bagus Pak..tapi saya lihat temen2 kurang tertarik dengan belajar kelompok tersebut..berdasarkan yang saya tau, mereka lebih memilih istirahat di kos setelah kuliah selesai daripada ikut belajar kelompok..mungkin masalah waktu pelaksanaan Pak yang perlu di benahi agar tmen2 antusias dalam kgiatan belajar kelompok ini..trimakasih
    Wass

  4. surya permana said,

    19 April 2008 pada 3:46 am

    assalamualaikum.
    saya senasib dengan Rinto bahwa saya belum memiliki almt email Pak..maka dengan itu saya minta maap..
    sehubungan dengan kgiatan bljr kmpok,sy stuju Pak..
    tapi bljar klompok versi Bapak formatnya gimana?mungkin bisa dijelaskan lebuh rinci..maksud saya, apkh bljar klompok itu hnya anak2 atau ada Bapak sbagai pementornya..bgitu Pak..
    WASS

  5. 18 Mei 2008 pada 10:11 am

    Belajar kelompok sangat penting utk mnambah ilmu. Agar efektif, bljr klmpok hrs di lakukan dg kesadaran&spenuh hati.saat bljr klmpk hal ga ad ya bahaya,tapi kdng ada p”bedaan pndapat ttng jwbn soal. Agar berhasil smua anggota hrs kompak&tdk egois. Hrs bnyk kounikasi antar anggota pd klmpk bljr. Bljr klmpk lbh efektif dilakukan 2X per minggu dan rutin.

  6. hadagomes said,

    28 April 2009 pada 6:15 am

    Wah… betul sekali…. artikel sgt bermanfaat bagi saya bahwasanya suatu pekerjaan dilakukan dengan kelompok maka hasilnya pasti memuaskan, dan pekerjaan seberat apapun pasti ringan, tepat waktu.


Tinggalkan Balasan

