Kuliah 4: Kalkulus 2

Ruang: II-4

Waktu: 16.20 – 18.00 WIB

Lesson Plan:

  1. 1.       Review kembali Integral Subtitusi

    2.       Beberapa contoh soal yang level “sulit”

    3.       Pengantar Trigonometri

    4.       Beberapa identitas trigonometri yang penting

    5.       Pembuktian Invers Trigonometri

    6.       Integral Trigonometri

    7.       Latihan soal

    8.       Tugas PR  

    a.       Carilah turunan dari fungsi invers berikut ini:

                                                                   i.      F(x) = Arc Cos x

                                                                 ii.      F(x) = Arc Sec x

                                                                iii.      F(x) = Arc Cosec x

                                                               iv.      F(x) = Arc Cotg x

    b.      Kerjakan soal-soal pada halaman 133 No. 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

15 Komentar

  1. ika_2004 said,

    13 Maret 2009 pada 1:49 am

    asw..
    utk mata kuliah kalkulus emang mesti banyak latihan soal pa’ biar tambah ngerti. kalo kebanyakan teori malah pusing… he..he.
    sebenernya PR nya kebanyakan pa.. tp gpp deh biar makin mantep ilmunya….

    • fitrullah said,

      13 Maret 2009 pada 1:40 pm

      Www.
      Ika, betul yang kamu katakan…memang kudu banyak latian…nah, kalau tambah banyak memang pusing sih, tapi dari pada pusing karena ga bisa menjawab soal….
      PR Kebanyakan? Emang sengaja kok….!! biar kalian (kususnya ang’tua) lebih rajin lagi..he3….
      BIAR MANTEP ILMUNYA….ok..!!!

  2. intan_2004 said,

    16 Maret 2009 pada 10:41 am

    asslm.
    waduh…. pa, PR nya byk bgt, tapi bagus kok bwt kita yang tua-tua jadi rajin berlatih membahas soal-soal coz sudah lupa bgt ma KALKULUS. tapi pa kalau ada PR jangan lupa harus dibahas ya biar tambah ngerti…….

    • fitrullah said,

      16 Maret 2009 pada 11:23 pm

      Intan….
      InsyaAllah kita akan bahas semua soal PR kemarin…
      Hanya saja, tolong besol ente dan teman-teman datang cepat dan duduk bukan di kursi paling belakang ya…

      Fitru

  3. yusef cahyadi said,

    17 Maret 2009 pada 10:04 am

    assalamu’alaykum..
    pak, qta 12 orang metalurgi 08 ada praktikum fisdas dr jm9-12. Jadi klo ada quiz pas kuliah jm16, aja…
    okeh pak..
    makasih yah pa..

    • fitrullah said,

      17 Maret 2009 pada 4:34 pm

      Wa’alaikumussalam wr wb.
      Iya yusef, besok kamis kita lihat ya…
      Tapi insyaAllah saya tidak akan memberatkan kalian…!
      Jangan lupa tugasnya dikumpulkan dulu ya….awas kalau tugas ga kumpul!!!
      Tidak ada ampun untuk kalian….!!!!
      Met berpraktikum ya…!!!

  4. luto'fi said,

    17 Maret 2009 pada 10:13 am

    aSSL..WR.WB
    Kuliah kemaren qo ngebahas konversi LPG segala si pa
    wah tapi hal itu emang patut dipertanyakann, mungkin maksud pemerintah biar orang indonesia keliatan pada “sejahtera” kali pak hahahah
    betul pak kalo hari kamis ada quis tolong di kuliah Sore aza soalnya saya salah satu mhswa yang ikut praktikum itu hee
    satu lagi tolong pak pembahasan tentang Identitas trigo diperjelass karene itu menjadi salah satu masalah
    terima ksh pak..
    sampai ketemu hari Kamis
    Insya Allah

    • fitrullah said,

      17 Maret 2009 pada 4:37 pm

      Wa’alaikumussalam wr wb.

      Kalau quiz mungkin diundur ke sore, mengingat ada beberapa teman kalian yang ikut Praktikum Fisika Dasar…
      tentang identitas Trigono, itu adalah pelajaran SMA…jadi adalah “sangat Dermawan” kalau saya membahasnya kembali…he3….!!!
      Jadi, itu mutlak harus dikuasai dan dihapal di luar otak dan kepala…OK Men!!!
      Selamat berjuang dengan Identitas Trigono ya!

  5. yusuf said,

    19 Maret 2009 pada 8:27 am

    assalamualaikum.
    pa’,maph.
    bs tlng tgs yg tdi d.prksa ulang ga?
    krna bnyk pny tmn2 d.slhn krna crany bda.Tpi jwbanny bnr,mngkn d.krnakan pmeriksany krng teliti.
    sblumny terima kash,pa’.

    • fitrullah said,

      19 Maret 2009 pada 11:13 am

      Wa’alaikumussalam wr wb.

      Yusuf, kalau ada kesalahan periksa langsung komplen ke saya aja….OK

  6. Basten nababan said,

    19 Maret 2009 pada 8:34 am

    Maap pak,saya pny saran.
    Klo ada tgas,pasti stiap org pny cra yg bbeda utk menyelesaikan soal.
    Gmn klo mhsiswa yg bs ngerjain dg cra lain,mhn ngerjain d papan tulis spy tman2 gk terpaku pd 1cra.
    Mksh pak

    • fitrullah said,

      19 Maret 2009 pada 11:16 am

      Basten, sarannya sangat bagus sekali….
      Lain kali saya akan menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda-beda

  7. karikanov said,

    19 Maret 2009 pada 12:06 pm

    assalamualaikum.
    Pak pak ngajarny jngan trlalu srius, agak nyantai dikit gitu, biar ceria dikaelas yang panas ini….
    mohon dipertimbangkan!!!!
    trimakasih.

    • fitrullah said,

      19 Maret 2009 pada 4:42 pm

      Wa’alaikumussalam wr wb.
      Waduh….saya td udah nyantai banget deh kayaknya…
      Justru pada saat panas itu atom-atom otak kita sedang bervibrasi dengankencangnya
      Karena vibrasi ini, kemampuan meningkatkan performa kalkulus 2 kalian akan lebih baik lagi.
      INi sama dengan prinsip Heat Treatment dalam Metalurgi…
      Tapi, saya sangat berterima kasih atas saran ente, nanti akan saya perbaiki pola saya.

      Salam,
      Fitru

  8. ade setiawan said,

    20 Maret 2009 pada 3:09 am

    assalamualaikum.wr.wb.,
    pak,banyakin sesi tanya jawab.,soal nya dari kemaren banyak yang pengen saya tanya.,
    terima ksih.,
    wass.,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: