About Metalurgi Untirta

Metalurgi adalah nama salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, berlokasi di daeah Cilegon – Banten. Tujuan dari Metalurgi adalah berusaha menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa enterpreneur. Metalurgi mempelajari tentang berbagai hal yang berhubungan dengan logam dan material. Letak Jurusan ini berdekatan dengan salah satu perusahaan BUMN terbesar yaitu PT. Krakatau Stell, yaitu BUMN yang menghasilkan berbagai jenis baja untuk berbagai macam aplikasi.  

Salah satu latar belakang terbentuknya jurusan ini adalah menjadikan teknik metalurgi Untirta menjadi pusat studi dari material ferous (baja)…dan kalau masyarakat Indonesia mau belajar tentang baja dan saudara-saudaranya, maka datanglah ke Cilegon (tepatnya di Teknik Metalurgi Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa – Cilegon – Banten)..

Jadi apa yang Anda tunggu?      Urusan Baja….?  ya Teknik Metalurgi Cilegon….!!!!!!

Blog ini merupakan sarana komunikasi antara mahasiswa Metalurgi FT Untirta dengan Dosen, khususnya untuk mata kuliah: Failure Analysis, Analisa Numerik dan Pemodelan, Pengolahan Limbah, Teknologi Komposit.

Bagi Anda yang berminat dan membutuhkan konsultasi tentang mata kuliah di atas, silahkan menghubungi Bpk. Muhammaf Fitrullah di no. telp 081314036547 atau 021-93708751  atau via email: muh_fitrullah@yahoo.com

75 Komentar

  1. entol m satria said,

    25 Februari 2008 pada 2:18 pm

    komentar seru banget untirta metalurg punya blog seperti ini.jadi bisa mempermudah bagi siswa untuk tahu bagaimana mendapat kan bahan secara online.dan mempermudaha bagi siswa untuk bertanya.

  2. 5 Maret 2008 pada 5:39 pm

    🙂

  3. Ahmad Royani said,

    6 Maret 2008 pada 6:40 am

    ASS.
    dapatkah membantu saya menyelesaikan tugas akhir saya ??????
    saya sedikit kesulitan dalam pencarian dasar teori(baik jurnal maupun buku), topik penelitian saya adalah tentang peleburan besi sponge hasi reduksi pasir besi asal sukabumi dengan harapan dapat mengetahuin persentase kandungan Titanium (Ti) dan Vanadium(V) dalam hot metal maupun dalam slag.
    terima kasih.

  4. fitrullah said,

    13 Maret 2008 pada 10:31 am

    OK Royani, saya akan berusaha membantu….data apa saja yan gkamu butuhkan tolong detailnya ya…saya akan coba cari di perpustakaan metalurgi UI

    Thanks atas komentarnya ya…!

  5. fitrullah said,

    13 Maret 2008 pada 10:37 am

    Trims entol ya….saya juga mohon masukannya untuk lebih sempurnanya blog ini….jangan lupa ya, tentang nilai KP yang di-pending kemarin…tolong di tengan semester dapat diinformasikan ke Ibu Yeni….Oh ya, maaf yang kemarin ya…!

    ditunggu masukannya…!

  6. himamet said,

    15 Maret 2008 pada 3:54 pm

    Assalamu’alaikum…
    Salam MetaL…
    Perubahan merupakan sebuah keniscayaan. Mudah-mudahan dengan adanya ini merupakan salah satu langkah dalam perubahan Metalurgi Untirta lebih baik…

    Never Die Metallurgy…

  7. Ika Kartika Wijayati said,

    19 Maret 2008 pada 6:01 am

    Hebat neg Metalurgi Untirta.
    Bikin Blog yang bisa jadi sarana Informasi kampus khususnya Jurusan kita yang Metal abis…..METALURGI UNTIRTA
    apalagi di Zaman Modern kaya gini,penting banget yang namanya Informasi.

    Saya juga berharap Dosen-dosebn bisa membantu mahasiswanya supaya lebih ‘mantap’ ilmunya,juga bisa bantu biar cepet lulus.
    ya,tentu melalui Blog ini salah satunya.
    terimakasih ya pak…

  8. Gunawan said,

    22 Maret 2008 pada 7:55 am

    Asalamualaikum pak saya juga butuh bantuan seperti royani saya butuh jurnal tentang sheet material inserting(proses reduksi) karna TA saya akan berkelanjutan dengan royani saya reduksi dan royani adalah peleburanya.

  9. Roky Ahmadi ZR said,

    24 Maret 2008 pada 12:16 pm

    Wow Keren Metalurgi Untirta Punya blog…jdi bsa cari tau tntng metalurgi..
    eh pak saYa dri Dpartemen Internal Himamet..mo minta msukan gmna cara-a mmaxsimalkan internal u\ kpntingan mhasiswa mtalurgi+mmbina hub baik dgn dosen mtalurgi..mkasih

  10. Jaka pRakasha said,

    24 Maret 2008 pada 10:28 pm

    Salam likum..
    Hanya bbrapa koMentar saya tntng kul. Analisa numeriK.
    * sya senang krn kul. Sdh bisa lbh tertib dr sblm’y, trma ksh pak..
    * kalau bs kta bnyak2 latiHan soal pak..
    * pnjaBaRan tntng materi yg dbrikan hrS lebiH jelas.
    MNgkn itU dulu pak..yg lain mnyusul..
    ..WasSalam..

  11. Gunawan wibisono said,

    25 Maret 2008 pada 10:53 am

    asalamualaikum pak komentar saya udah di balas belum. sekarang saya mau minta bahan limbah, dan analisa numerik udah dimasukan ke blog belum.

  12. oriza sativa said,

    25 Maret 2008 pada 1:18 pm

    ass, pak belajat barengnya bgtu saya harpkan !, slain itu kami jga buth bimbingan emotional dalam menghadpi setiap permsalahan yang ada, baik internal maupun eksternal a. smga blog ini menjadi wadah yang bermanfaat bagi stiap mahasiswa. amin……

  13. oriza sativa said,

    25 Maret 2008 pada 1:20 pm

    ass, pak belajatr barengnya bgtu saya harpkan !, slain itu kami jga buth bimbingan emotional dalam menghadpi setiap permsalahan yang ada, baik internal maupun eksternal a. smga blog ini menjadi wadah yang bermanfaat bagi stiap mahasiswa. amin……

  14. oriza sativa said,

    25 Maret 2008 pada 1:22 pm

    ass, pak belajar barengnya bgtu saya harpkan !, slain itu kami jga buth bimbingan emotional dalam menghadpi setiap permsalahan yang ada, baik internal maupun eksternal a. smga blog ini menjadi wadah yang bermanfaat bagi stiap mahasiswa. amin……

  15. ferlyandi said,

    26 Maret 2008 pada 5:37 am

    ass pak !, kalo bisa blog ini updatenya lebih awal dong, biar lbih cepat materinya d ambil.
    oh ya pak.
    desainnya cakep banget, pdahl bapak kmran bilang cma 15 menit. apalgi 1 jam pak, keren banget tu!!!!!
    sekali-kali kalo ada waktu ajarin design webnya.
    Kalo bisa lbih dibanyakin lg pilihan link lain, supaya bnyak fasilitasnya
    terima kasih, pak
    mohon maaf kalo ada salah kata. wass

  16. ORiza sativa said,

    26 Maret 2008 pada 5:46 am

    ass pak! belajr bersama begitu kami harapkan. Selain itu kami jga membutuhkan bimbingan emotional dalam menghadapi permasalahn intern dan ekstern. smaga blog ini menjadi wadah yang bermanfaat bagi saya khususnya.

  17. Ahmad Royani said,

    26 Maret 2008 pada 10:00 am

    Wahai…..Mahasiswa
    Hidup Metalurgi….
    Hidup Mahasiswa…
    Hidup Para Dosen yang berjuang tanpa Jasa (semoga berniat tuus).
    Tiada seorang pun yang patut di handalkan selain Allah,Manusia hanya sebatas Berikhtiar. Apapun hasilnya mungkin ada manfaatnya. oleh karenan itu,Wai Mahasiswa penerus bangasa harapan masa depan, berjuang terus tanpa menyaerah. Wai Mahasiswa ingatlah ORANG TUA menanti Anda dengan penuh Harapan, Maka jangan sia-siakan hidup anda. hidup anda sebentar lagi.

    Wassalam

    Putra Subang

  18. Ahmad Royani said,

    26 Maret 2008 pada 10:06 am

    ASS
    terima kasih saya sampaikan kepada Bpk M. Fitrullah atas kepeduliannya.
    bukannya saya mengusik ketenangan Bapak, tapi saya mau berbagi penderitaan. berbagi itu indah. Pa ???? saya butuh uang buat makan(sory canda).
    Pa saya butuh data tentang Keseimbangan Vanadium dalam Baja dan Titanium.
    Terima kasih.

  19. akmal yamna said,

    26 Maret 2008 pada 3:51 pm

    komentar : ass.
    gimana kalo background blognya itu bangunan untirta, trus juga profil, sejarah berdirinya, informasi terbaru tentang untirta, dllll.

  20. Achmad Haryadi said,

    27 Maret 2008 pada 7:26 am

    GW mau curhat nih…………
    gmn cara belajar yang baik ?????
    tolong ya …..
    bantu gw…. gmn solusinya …
    terima kasih

  21. Ferry Ary Wibowo said,

    27 Maret 2008 pada 8:10 am

    Assalaikum
    Pa mau nanya tugas pengolahan limbah untuk tanggal 31 maret 2008?
    trims

  22. oriza sativa said,

    30 Maret 2008 pada 3:26 am

    ass pak. sya bgtu mengharpkan belajar bersamanya. selain itu kami juga membutuhkan bimbingan emotional untuk menghdapi setiap permasalahn yang ada, baik secara intern dan ekstern. smga blog ini bermnfaat bagi saya khsusnya. terima kasih pak wass !

  23. 30 Maret 2008 pada 1:07 pm

    ass.
    pak pit materi kuliah pengollahan limbah ko ga di update2 sih??saya kan mo download. gimana pak???

  24. 30 Maret 2008 pada 1:31 pm

    ass. wah bagus bgt da media seperti ini yang dapat menjalin komunikasi antara satu sama lain. sekaligus membuktikan bahwasanya kita telah sanggup menerima tantang untuk maju kedepan. semoga ilmu yang kita cari saat ini tanpa batas sehingga kita dapat bertukara info yang terkini.

  25. qodrat muttaqin said,

    3 April 2008 pada 2:17 pm

    askum…
    saya bangga sekali akhirnya jurusan metalurgy bisa mendapat fasilitas seperti ini (blog). sebenernya saya punya banyak bgt kesulitan kesulitan tentang perkuliahan. tp lebih enak curhat langsung aja kali ya. heee

    jwb.

    Wa’alaikumussalam wr wb.
    Saya juga bangga, ente bisa masuk memberikan komentar di blog ini…
    besok senin, 7 April kita bicara tentang kesulitan ente atau di ruangan saya di lab metalurgi
    di tunggu kehadirannya ya…!

    Wass,
    P’Fit

  26. Gunawan said,

    7 April 2008 pada 1:31 pm

    Asalamualaikum, pak saya minta doanya buat tim Lomba Mining Competision yag akan berangkat Insya Alloh Besok selmat berjuang dan kami minta bantuanya.

  27. Gunawan said,

    7 April 2008 pada 1:33 pm

    Untuk sodari Ika maaf yah kayanya saya duluan yang lulus Saya minta doanya supaya sukses AMIN

  28. fitrullah said,

    11 April 2008 pada 12:54 am

    Slamet ya Gun,
    doa kami semoga bisa mengharumkan nama Untirta di kancah nasional dan internasional….OK!
    Semoga cepat sidangnya, cepat lulus, cepat dapat kerja, dan cepat menikah…
    he3….

    Salam,
    p’fit

  29. 13 April 2008 pada 2:42 pm

    Salam Metal!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Never die Metalurgi!!!!!!!!!!!!!!!
    Trims buat seluruh pahlawan tanpa jasa seluruh jagat raya.Kebanggaan tersendiri buat saya kuliah di univ negeri.hAL yang sangat menyenangkan bertemu dan bisa belajar bersama dgn pak Fitrullah.Belajar analisa itu sangat sulit bgt,tapi saya akan belajar semampu saya.beban kita bersama tentu berat menggapai IP yang bagus,namun dgn spirit dan belajar dari pengalaman sem 1,saya yakin bisa dpt IP standar,tidak muluk2.nikmati aj smua dgn bebas tapi licin,cerdik,pintar,dan dgn senyum.Minta doa dari rekan2 seperjuangan.doaku buat kita smua:smakin terampil,lebih serius,dalam artian,jgn kul di yg 10 sks dlu.hehe besok2 aj ye.gw jg lg belajar ”Pergi untuk kembali dari tmpt itu”..Maju buat Metalurgi UNTIRTA.Sehat selalu buat Seluruh Dosen-dosen ku.

  30. fitrullah said,

    14 April 2008 pada 10:27 am

    begitu banyak kementar di halaman ini, sampe saya mabok bacanya….trima ksh atas smua komentarnya..dan tetap berkomentar ya!

    Salam,
    p’fit

  31. alfina Syafira said,

    21 April 2008 pada 4:12 am

    Pak FIt I Love You MUACH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  32. maria isabella said,

    28 April 2008 pada 8:22 am

    salam metal!
    sedikit demi sedikit metalurgi UNTIRTA semakin bagus saja.dengan adanya blog ini kita khususnya mahasiswa bisa belajar dengan menggunakan blog.biar ga dibilang ketinggalan zaman gitu ma universitas lain.semoga metalurgi semakin sukses!!!

  33. lise maitner said,

    28 April 2008 pada 8:29 am

    untuk jurusan teknik metalurgi,semoga dapat lebih maju dari yang sebelumnya!
    untuk pak fit;saya harapkan bapak harus lebih banyak belajar dan mengerti serta menggali ilmu lebih dalam lagi agar mahasiswa yang bapak beri mata kuliah dapat menerima mata kuliah bapak dengan baik
    oke pak!!!
    WE LUPH U!!!

  34. maria isabella said,

    28 April 2008 pada 8:36 am

    semoga metalurgi semakin sukses dan tambah keren aza dengan adanya fasilitas blog ini!!!
    bapak kalo ngajar jangan bikin bungung mahasiswa ya pak!

  35. ROY- SUBANG said,

    1 Mei 2008 pada 1:41 pm

    pusing banget….???????????????????????????????// !!!!!!!!!!!!!!!1
    he…..H…….
    enjoy aja kali…….
    thanks.

  36. LOWONGAN KERJA said,

    1 Mei 2008 pada 1:45 pm

    Bagi teman-teman yang butuh penghasilan tambahan ????
    ada lowongan nih….
    mau jadi juru tik pribadi.

  37. Rakhmat Hidayanto said,

    2 Mei 2008 pada 3:16 am

    Ass.

    Saya optimis beberapa tahun kedepan Metalurgi untirta,, namanya akan dapat disejajarkan dengan metalurgi di universitas lain. bahkan bisa lebih. dan seharusnya memang begitu.!! Go metalurgi Untirta

  38. 6 Mei 2008 pada 2:34 pm

    Selamat ya atas Blog Metalurginya. ya..semoga bermanfaat. Saya sebenarnya dari Metalurgi FTUI.

    Sebaiknya jadikan blog ini tempat menulis dan bertanya tentang metalurgi dan sejenisnya untuk kemajuan bangsa.

    selamat

    Novembri
    http://www.hazwelding.wordpress.com

  39. trianjaya as said,

    16 Mei 2008 pada 3:49 pm

    wduh bgus bnget nig!!!!
    cihuy bnget dah!!!!
    smoga media ini dapat menjadi katalisator untuk lebih majunya meetalurgi UNTIRTA yang kita cintai bersama ini!!!
    yuk kita optimalkan n lebih kembangkan media-media yang lain, yang dapat membuat metalurgi UNTIRTA ini lebih maju n dapat bersaing dengan metalurgi lainnya!!!!
    sukses untuk kita semua!!!
    terima kasih banyak kepada bapak Fitrullah yang saya hormati.
    salam metal!!!!!!!!!!!”never die metalurgi”

  40. Suherman said,

    15 Juni 2008 pada 1:15 pm

    Saya adalah karyawan perusahaan swasta di daerah Cilegon , dimana tempat saya bekerja adalah sebuah Laboratorium Metallurgi dan telah menekuni pekerjaan ini selama ± 10 tahun lebih, terus terang saya ingin sekali mendalami ilmu ini secara teori, Apakah tidak dibuka untuk kelas karyawan untuk jurusan ini ???? karena tidak menutup kemungkinan banyak juga yang berminat untuk memperdalam pengetahuan di bidang Metallurgi ini seperti halnya saya.

    Pleaseeeeeeeee…deh..

  41. yunan (obie) said,

    21 Juni 2008 pada 1:23 pm

    ass.
    UAS sukses abizz..maksudnya sukses mlongo..hee..masa nulis sheet sgitu bnyak yg kluar cuma atu, itu aja bingung cara ngerjainnya..hee..
    ttep smangat aja lah..
    SEMANGAAAAAATTTTTZZZZZ……

  42. yunan (obie) said,

    21 Juni 2008 pada 1:24 pm

    TRIMAKASIH ATAS BIMBINGANNYA PAK. MESKI BANYAK JAM KOSONG JUGA..HEE

  43. yuda purwa kusuma said,

    21 Juni 2008 pada 1:55 pm

    Pa saya baru buka blog lagi saya atas nama semua mahasiswa metalurgi UNTIRTA sekarang tanggal,hari ini kita ada di halaman satu di posisi 8

    buat semua temen2 nak UNTIRTA jurusan Teknik Metalurgi sring2 kirim koment coz gak menutup kemungkinan bsa jadi nomor 1

    Pa klo bisa ditambah tentang berita terbaru metalurgi lebih banyak lagi, makasih Pa,

    Wasalam

  44. ferly said,

    28 Juni 2008 pada 2:01 pm

    assalamualaikum wr. wb
    salam metal !!!

    wah pak bingung ne mau koment apa lagi yah…
    hehe..
    ow ya pak kapan kah bapak mau mengajarkan cara pembuatan blog?
    kan waktu itu bapak sudah menjanjikan,,

    ow ya pak kok blog bapak masih seperti yang dulu?? di perbaharui dunk supaya keliatan lebih keren gtu…

    terimakasih pak..
    wasalammualaikum wr.wb

  45. yuda purwa kusuma said,

    5 Juli 2008 pada 7:16 am

    askum pak,Pak nyambungim Komentar Ferly

    kapan kita belajar buat blog?

  46. bening kambuna said,

    31 Juli 2008 pada 2:53 pm

    Assalamualaikum…
    Saya baru nerima hasil snmptn nih,,alhamdulilah lu2s teknik metalurgi untirta…
    insyaallah mnuju ksana bntr lg…btw kpn ya daftar ulangnya???trus mulai bljr kpn???mohon doanya dr smua smg saya bs jd mahasiswa sukses…amin

  47. Delacroix said,

    5 Agustus 2008 pada 9:02 am

    mgjmm… misi2,,, numpang lewat,, baru liat ni gabung ya,

  48. Fuad Hasan said,

    16 Agustus 2008 pada 3:26 pm

    Asslmlkm, ada satu hal yang bikin penasaran mpe sekarang pak…maslh kuiah simulasi proses metal…dulu pernah maw ngerencanain ng’crom, klo bisa drealisasiin dong pak.
    tmks

  49. jva said,

    22 Agustus 2008 pada 3:36 am

    Assalam …

    Pak saya mahasiswa baru di Untirta Fakultas teknik Metalurgi
    pada tahun pertama apa kita pelajari di jurusan ini?
    lalu apa rekomendasi bapak tentang buku apa yang harus saya miliki untuk dijadikan acuan saya dalam menuntut ilmu di jurusan ini?
    jujur saya masih gelap tentang hal apa saja yang akan di pelajari di jurusan ini

    Trimakasih

    Wassalam ….

  50. wahid agus salim said,

    12 September 2008 pada 7:53 am

    as. wr. wb
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih……….
    kepada bpk. Fitrullah atas segala bantuannya.
    semoga gak bosan bosan, membantu anak metalurgi untirta sampai lulus.

  51. 16 September 2008 pada 6:31 am

    pa cara ngambil materi failuer gmn?

    hidup qu tdk berguna lebih baik mati sahid….

  52. Ferlyandi said,

    13 Oktober 2008 pada 4:28 am

    Asalamualaikum

    Mau koment pak mengenai blog nya

    Untuk bahan kuliahnya lebih ditambah lagi pak supaya lebih mudah untuk mendapatkan bahan kuliah karena ada bahan kuliah yang masih sulit untuk didapatkan

    Mudah-mudahan lewat blog ini metalurgi untirta lebih maju dan terkenal
    Karena masih banyak masarakat yang belum tahu mengenai metalurgi

  53. SURYA PERDANA said,

    7 November 2008 pada 4:45 am

    maaf pak, metfis saya jarang masuk karena jadwalnya selalu bentrok dengan kuliah yang lain. saya nganbil fisdas senin jam10. tadinya sama metlit juga, tapi sekarang metlit sudah dipindah. seandainya metfis tetap jam 8.insya allah saya masuk terus.

  54. Hasuri said,

    13 November 2008 pada 1:08 pm

    salam metal

  55. Abdi said,

    4 Desember 2008 pada 7:01 am

    ass,,
    buat temen – temen semua, saya mau nanya. sebenarnya apa saja si kelebihan dari jurusan metalurgi? apa saja kah yang bermanfaat bagi kehidupan kemasyarakatan kita?

    • fitrullah said,

      1 Maret 2009 pada 9:52 pm

      Wa’alaikumussalam wr wb.

      Kalau bicara kelebihan ada lah; begitu juga bersama dengan kelebihannya, juga ada kekurangannya. Tapi yang namanya Ilmu apapun itu (kecuali ilmu sihir ya) pasti bermanfaat, nah beberapa manfaat Metalurgi sbb:
      1. merupakan ilmu yang mendasari terciptanya alat2 kebutuhan manusia seperti: sendok, garpu, gelas, wajan, panci, piring, dan lain2nya. bisa dibayangkan kalau ga ada ilmu Metalurgi dan Bahan?
      2. selain itu, dalam perkembangan zaman, tentu saja banyak kebutuhan akan bahan dan material baru yang sesuai dengan aplikasi tertentu seperti tahan suhu tinggi namun ringan, tahan suhu tinggi tapi tidak mudah memuai, keras tapi tidak rapuh, bisa memotong dan keras, dll
      3. cari sendiri ya…he3

  56. ricky tafrihan kusnadi said,

    16 Maret 2009 pada 3:01 am

    salam kenal
    semoga media ini seramai rekan kita di UNJANI, wadah silaturahmi & informasi antara X to Y , X2X, either

    salam

    Ricky Bdg

    • fitrullah said,

      16 Maret 2009 pada 11:16 pm

      Salam kenal Juga…..
      Trims Ricky, maklum lah Untirta baru seumur jagung…jadi tentu saja belum seramai kawan-kawan di Unjani Bandung
      Namun insyaAllah akan menjadi wadah silaturahim dan informasi untuk kami dan mudah2an untuk yang lainnya…

      Salam,
      Fitru

  57. Nursirwan(irwan) said,

    17 Maret 2009 pada 3:43 pm

    Aslmkm..
    ‘hidup metal!!’
    Pa fit gmn kbarny?

    Saya dlu pernah kuliah di teknik metalurgi angktan 2007 untirta,rasanya pgn blik lg kesana,,
    Kgen sm pljaran,sm anak2 seperjuangan jg..

    Yah,walaupun skrg udah pindah kuliah ke sastra undip,tp pikiran saya tetap terngiang2 akan suasana kelas di teknik metal..

    Slam bt anak2 metal,,memey,rahmat,yuda,romi,kyoto,maya,sigit,,dst..
    Met brjuang yua!!

    “Hidup metal!”
    “Maju Untirta”
    “Jaya Undip”
    Hehe

    • fitrullah said,

      17 Maret 2009 pada 4:44 pm

      Wa’alaikumussalam wr wb.

      Kabar baik Pren…!!!
      Jangan kencang2 teriak “Hidup metal”-nya..ga enak sama tentangga kos ente yang sastra…he3…!!!

      Iya, jangan2 ente mahasiswa yang dicari2 karena saya adalah pembimbing Akademis (PA) ente…
      Wah…orang tua seperti saya, jangan dikerjain donk Men!!
      Kalau ga salah ente pernah ikut kuliah Kalkulus 1 sekali kan? pertemuan pertama saya…namun setelah itu, dilengserkan olah Ibu Anindia….karena beliau khusus kalkulus dan statistik…. he3…

      Gimana kabar ente!
      Rahmat, Sigit, dan temannya baik-baik aja…
      Ga perlu kirim salam, mereka sebentar lagi ngirim e-mail ke ente (benarkan alamat ente di Inisal?)

      Met berjuang di Sastra Undip….

  58. yantori said,

    22 Maret 2009 pada 2:34 pm

    assalammualaikum wr wb
    pak punya buku yang judulnya failure analysis in engineering aplication ga?
    kalo punya yantori pinjem pak boleh ga??

    Jawab:
    Wa’alaikumussalam wr wb.
    Kalau judul itu ga punya…yang ada: “how to compenent fail”, “ASM Handbook vol 11. Failure Analysis”, “ASM Vol 19. Fatigue”, dan Fraktografi…gimana???

  59. yantori said,

    22 Maret 2009 pada 2:48 pm

    sebelumnya maaf pak klo ane langsung to the point coz dari kemaren ane nyari buku itu ga ketemu2

    Jawab:
    Ga apa2…nanti coba saya cari di Perpustakaan Metalurgi ya….

  60. Yantori said,

    22 Maret 2009 pada 10:53 pm

    ass,
    pak fit, bpk punya buku tentang failure analysis in engineering aplication ga? klo punya yantori pinjem pak cz butuh bnget

    Jawab:
    Wa.wr.wb
    Ga punya Men…yang lain ada

  61. TB. MAULANA said,

    23 Maret 2009 pada 3:58 am

    kelas cukup panas, belajar kurang efisien. gmn kalau kelas di bagi dua.

    Jawab:
    Wa’alaikumussalam wr wb
    Maulana, saya setuju dengan usulan kamu…!!!
    Gimana untuk dosen kelas yang ke-2 saya tugaskan ente mencari-nya?
    Langkah2nya adalah:
    1. Berikan informasi pada kajur MT bahwa kelas Kalkulus 2 tidak effisien karena jumlah pengikutnya 75 mhs
    2. Berikan alasan kenapa harus dibagi dalam 2 kelas ke Kajur…
    3. Kajur akan mengirimkan surat kepada PD-1 untuk meminta dijadikan 2 kelas dan meminta 1 orang dosen lain untuk mengajar dikelas paralel yang ke-2
    4. PD-1 menyetujui dan menyiapkan dosen utk mengajar mk Kalkulus 2
    5. InsyaAllah kelas akan dibagi (37 + 38) mhs dan dijamin lebih effisien, nyaman, dan tenang..
    OK..ente sanggup kan???
    Demi effisiensi MK Kalkulus 2….

  62. ayub said,

    6 Oktober 2009 pada 1:31 am

    assalamualaikum. semuanya apa kabar? metalurgi tetap dihati, tetaplah metalurgi menjadi salah satu jurusan di UNTIRTA yang selalu unggul dan pertama dan selalu menjadi pemenang dalam etiap ivent maupun pendidikannya……, semau temen – temen dan para dosen yang tercinta karena didikasi dan kasih sayang serta caci maki semuanya akhirnya kesuksesan menghampiri dan membawa kami kegerbang kecahayaan, terimakasih kawan.

  63. Apriliana said,

    24 Desember 2009 pada 3:07 am

    Siang Pak Fit…. 1st impression…WEW!!! cool bgt blog nya…. wah langsung aja nie pak saya mau minta bantuannya,,saya dapat tugas untuk mencari data nama-nama lembaga di seluruh Indonesia yang ada kaitannya dengan metalurgi, beserta alamat lengkap dan no kontak yang bisa dihubungi…bapak punya datanya?atau bisa bantu saya kira2 saya bisa cari di mana atau menghubungi siapa? sejauh ini saya sudah mencari di google tapi tidak ketemu dan juga sudah mengirim email ke LIPI dan sedang menunggu jawabannya….
    mohon bantuannya y pak,,thx before.
    Salam,

    Jawab:
    Kalau ga salah saya udah jawab di dalam perkuliahan saya di Kalkulus 1…jadi mungkin ga perlu saya ketik ulang lagi…
    Thanks ya koment-nya…

    Salam,
    Fitrullah

  64. Agus Yale said,

    24 Maret 2010 pada 6:06 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam untuk rekan2 di Metalurgi UNTIRTA, semoga rekan2 yang masih kuliah giat belajar demi tujuan yang mulia.

    Jawab:
    Wa’alaikumuussalam wr wb.

    Salam kenal juga, InsyaAllah semoga Pak…Amiin yaa rabbal’alamiin

  65. awaludin said,

    4 Agustus 2010 pada 4:17 am

    hai sahabat metal. Proyek saya membutuhkan tenaga Ahli di bidang metalurgi dengan pengalaman min 10 tahun untuk proyek PLTA tolong tlp atau email cv serta sertifikat 2 anda ke email ag1fa2aj32000@yahoo.com atau tlp ke 0858113211401 ( awaludin jawas) secepatnya di tungggu usia bebas

  66. Riki Gana said,

    23 September 2010 pada 8:48 am

    asw..

    riki gana like this,,,,

  67. Didik Wahyudi said,

    15 September 2011 pada 9:55 am

    kayanya ok juga jika labmet untirta ada foundrynya….

  68. nurohmat said,

    30 Januari 2012 pada 4:37 am

    Mohon info biaya kuliah.jurusan metalurgi tahun 2011-2012
    Dari orang Rangkas

    • fitrullah said,

      8 Februari 2012 pada 3:30 am

      Sekitar 1,5jt per semester….untuk awal masuk, mungkin lebih dari itu, karena ada bnyak uang tambahan-tambahan uang jaket, dll

  69. 10 Mei 2012 pada 4:30 am

    Berikut ini saya informasikan bahwa saat ini kami mencari tenaga kerja untuk posisi Quality Assurance Supervisor, persyaratan :
    – pria/wanita umur max 30 tahun
    – mempunyai kemampuan analisa yang baik
    – mengerti dan paham mengenai struktur logam, pengujian logam, welding, heat treatment, chemical composition dan mechanial properties
    – ditempatkan di Jakarta.
    Semoga kerjasama ini merupakan titik awal untuk tahapan berikutnya.
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai data perusahaan kami, dapat dilihat di : http://www.istw.co.id
    Apabila ada kandidat yang memenuhi criteria tersebut, dapat mengirimkan email ke alamat saya dibawah ini : taufan.budiyana@istw.co.id
    Terimakasih.
    Salam
    Taufan

  70. Maulana Rakhman said,

    30 Mei 2012 pada 10:24 pm

    kalo boleh tau akreditasi teknik metlurgi untirta sekarang apa ya ?
    terima kasih
    Jawab:
    Kami masih akreditasi C di BAN PT (kurang 0,2 poin lagi untuk B);
    InsyaAllah, tahun 2013 ini akan ada reakreditasi lagi…mudah2an bisa naik ke B.

  71. gege sigo said,

    29 Juni 2012 pada 12:20 pm

    kurikulum metalurgi untirta bisa liat dmana yah?
    biar ga slah pilih jrusan ni pak,
    trim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: