TIU & TIK MK Analisa Numerik dan Pemodelan

Matakuliah Analisa Numerik dan Pemodelan adalah salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa fakultas teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan dari matakuliah ini adalah dijabarkan dalam tujuan Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan Tujuan Instruksional Khusus (TIK). Berikut TIU dan TIK dari MK Analisa Numerik dan Pemodelan:

Tujuan Instruksional Umum

Mengembangkan partisipasi mahasiswa untuk mencapai kemampuan dasar dalam analisa numerik dan pemodelan sebagai modal dasar untuk mengembangan pengetahuan keteknikan dan sebagai upaya menjadi seorang matalurgis yang memiliki jiwa Entrepreneuship (Kewirausahaan).

B. Tujuan Instruksional Khusus

Setelah mengikuti kegiatan matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :

      Menjelaskan dan memahami cara pendekatan dan jenis kesalahan yang terdapat pada metode numerik (meliputi: angka signifikan, akurasi dan presisi, definisi kesalahan, kesalahan pembulatan, kesalahan pemotongan, kesalahan numerik total, kekeliruan-kesalahan formulasi, dan ketidakpresisian data)

Menjelaskan dan memahami cara mencari akar-akar persamaan baik dengan menggunakan metode akolade maupun metode terbuka (meliputi: metode grafik, metode bagi dua, metode posisi salah/palsu, carian inkremental dan penentuan tebakan awal, iterasi satu titik sederhana, metode newtons – raphson, metode secant, serta metode akar ganda)

Menjelaskan dan memahami prinsip-prinsip dasar dalam menyelesaikan sistem persamaan aljabar linear (meliputi: eliminasi gauss pada persamaan berjumlah sedikit, eliminasi gauss-naif, jebakan metode eliminasi, teknik untuk memperbaiki solusi, gauss – jordan, matriks inversi, dan gauss – seidel).

Menyebutkan dan menjelaskan konsep pencocokan kurva baik secara regresi kuadrat terkecil maupun interpolasi (meliputi: regrasi linear, regrasi polinomial, regresi linear berganda, polinomial interpolasi diferensi terbagi newton, polinomial interpolasi lagrange, interpolasi spline.

Menjelaskan dan memahami penyelesaian integrasi (meliputi: aturan trapesium, aturan simpson, integrasi dengan segmen tidak sama, formula integrasi terbuka, dan mengenal integrasi romberg dan kuadratur gauss)

Mengenal dan memahami cara penyelesaian persamaan diferensial biasa dan parsial dengan cara metode satu langkah dan metode langkah ganda (meliputi: metode euler, modifikasi dan perbaikan metode euler, metode runge-kutta, sistem persamaan, pendekatan langkah ganda sederhana dengan metode heun tak swa-mulai, formulasi integrasi, dan metode langkah ganda orde lebih tinggi)

About these ads

3 Komentar

  1. 30 April 2008 at 10:00 am

    assalamualikum……..pa…..!!!
    pa maaf tugasnya telat ngumpulin, cara mengajar bapak ok, tapi g th pa kul numerik saya g ngerti. bwt minggu depan ada persentasi. materinya membingungkan pa.

  2. Fadhly said,

    19 Juli 2008 at 9:40 am

    Kasih aku dong!!!!!!!!!!!!

  3. eki said,

    26 Januari 2010 at 2:54 am

    pa maaf mau tanya nih, salah satu prinsip penjabaran TIU kedalam berbagai TIK salah satunya adalah TIK-TIK yang dijabarkan untuk pencapaian TIU tersebut harus merupakan kebulatan yang utuh dan komprehensif, kenapa ya ?

    Jawab:
    Wah…Eki, ini pertanyaan berat buat saya….! Karena saya bukan orang Pedagogik (Ilmu pendidikan)….Yang sedikit saya tahu, bahwa TIU itu adalah tujuan umum yang harus dijabarkan dalam tujuan khusunya. Mungkin kalau saya analogikan seperti pembangunan, dimana TIU adalah tujuan pembangunan jangka panjang(25-30thn); sedangkan penjabaran secara khusus dan komprehensif dilaksanakan dan dicapai pada tiap 5 tahun (pelita). Nah, tentu saja TIK itu harus bulan dan utuh…karena ia merupakan satu bagian yang tidak terpisah dengan tujuan umumnya. He3…sok tahu nih…coba tanya lagi orang2 pedagogik (pendidikan) biasanya ada di F’Psi dan di FKIP…

    Salam,
    Fitrullah


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: